Read more: Cara Membuat READMORE Otomatis di Blogspot http://ojelhtc.blogspot.com/2011/12/cara-membuat-readmore-otomatis-di.html#ixzz1hdcbARLj Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike Chit Chat: Perangkat Komputer

Selasa, 13 Desember 2011

Perangkat Komputer

1. KOMPUTER
a. pengertian
Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.
b. penemu, sejarah, dan masukknya komputer ke Indonesia
Penemu komputer adalah ilmuan Inggris yang bernama Charles Babbage, Ia menyelesaikan prinsip-prinsip pemakaian umum komputerdigital seabad penuh sebelum perkembangan besar-besaran mesin hitung elektronik terjadi.Mesin yang dirancangnya, yang diberinya nama "mesin analitis" pada pokoknya mampumelaksanakan apa saja yang bisa dilakukan kalkulator modern (meski tidak sama cepatnya,karena "mesin analis" bukanlah dirancang untuk bertenaga listrik). Sayangnya, berhubungteknologi abad ke-19 belumlah cukup maju, Babbage tidak sanggup merampungkan konstruksi"mesin analis" itu, selain memang tidak bisa tidak memerlukan waktu dan biaya besar. Sesudah matinya, gagasannya yang begitu cemerlang nyaris dilupakan orang. Di tahun 1671 Gottfired Wilhelm Von Leibniz, seorang filosof dan matematikus merancangmesin yang dapat menjumlah, mengurangi, mengalikan dan membagi. Leibniz juga orangpertama yang menunjukkan arti penting "sistem binary," yaitu sistem penjumlahan dengan dua"digit" yang dalam jaman modern ini secara luas digunakan dalam mesin komputer. Dan orangPerancis lainnya, Jacquard, yang di awal abad ke-19 sudah menggunakan sistem pengisiankomputer untuk mengawasi alat tenun. Alat tenun Jacquard yang laku deras secara komersial,punya pengaruh besar terhadap pemikiran Babbage. Boleh jadi mempengaruhi juga HermanHollerith, seorang Amerika yang di penghujung abad ke-19 menggunakan sistem pengisiankomputer untuk membuat kolom-kolom data di Biro Sensus.
Di era 1970an, saat Indonesia baru akan berkembang, Teknologi Informasi terutama komputer baru mulai diperkenalkan di Indonesia, serta didominasi oleh instansi Pemerintah.

2. FAKSIMILI (FAX)
a. pengertian
Faksimili atau sering sebut mesin faks adalah alat atau perangkat dengan teknologi telekomunikasi yang digunakan untuk mentransfer salinan dokumen menggunakan perangkat operasi terjangkau melalui jaringan telepon. 
b. penemu, sejarah, dan masuknya fax ke Indonesia
Alexander Bain (lahir Oktober 1811 – meninggal 2 Januari 1877 pada umur 65 tahun) adalah seorang pembuat jam dan instrumen asal Skotlandia. Ia mempatenkan nenek moyang mesin faks, dan ia diakui sebagai penemu mesin faks. Bain, pembuat jam, digunakan pengetahuan untuk desain dan paten konsep dasar yang menjadi dasar dari mesin fax modern. Gagasan untuk menggunakan sinyal-sinyal listrik yang dihasilkan oleh operator telegraf adalah langkah besar dalam telekomunikasi. Dalam perangkat Bain, sinyal-sinyal akan melewati jenis kertas yang direndam dalam suatu kimia. Sinyal tersebut kemudian akan menyebabkan bahan kimia tersebut menguap, meninggalkan tanda panjang atau pendek dalam kode Morse. Tanda ini memungkinkan untuk pengiriman informasi lebih cepat dan memungkinkan dia untuk membuat rekaman menekan-lubang yang memungkinkan untuk transmisi otomatis dan resepsi. Perangkat ini dikenal, meskipun hampir tidak cukup luas, sebagai telegraf "kimia."
Mesin Fax mulai menjadi sangat populer pada tahun 1983 ketika Komite Konsultasi Internasional Telephonique et Telegraphique (atau CCITT Grup 3) menetapkan protokol standar untuk fax. The CCITT adalah sebuah organisasi yang menetapkan standar komunikasi internasional, dan fax tentu menjadi standar dari waktu ke depan. mesin Fax dengan cepat menjadi biasa dalam dunia bisnis.

3. RADIO
a. pengertian
Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).
b. penemu, sejarah, dan masuknya radio ke Indonesia  
Guglielmo Marconi, lahir tahun 1874 di Bologna, Itali. Penemu radio ini dapat pendidikan privat dari seorang guru. Tahun 1894 tatkala usianya menginjak dua puluh, Marconi baca percobaan-percobaan yang dilakukan oleh Heinrich Hertz beberapa tahun sebelumnya. Percobaan-percobaan ini dengan gamblang mendemonstrasikan adanya gelombang elektromagnetik yang tak tampak oleh mata, bergerak lewat udara dengan kecepatan suara. Tahun 1895, hanya setahun kerja keras, Marconi berhasil memprodusir peralatan yang diperlukan. Tahun 1896 dia memperagakan alat penemuannya di Inggris dan memperoleh hak paten pertamanya untuk penemuan ini. Marconi bergegas mendirikan perusahaan dan "Marconi" pertama dikirim tahun 1898. Tahun berikutnya dia sudah sanggup kirim berita tanpa lewat kawat menyeberang selat Inggris. Meskipun patennya yang terpenting diperolehnya tahun 1900, Marconi meneruskan pembuatan dan mempatenkan banyak penyempurnaan-penyempurnaan atas dasar penemuannya sendiri. Di tahun 1901 dia berhasil mengirim berita radio melintasi Samudera Atlantik, dari Inggris ke Newfoundland.

4. TELEVISI
a. pengertian
Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision; yang mempunyai arti masing-masing jauh (tele) dan tampak (vision). Jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh.
b. penemu, sejarah, dan masuknya televisi ke Indonesia
Penemu asal Skotlandia,John Lodie Baird,melakukan demo TV pertama untuk publik di Soho,London tahun 1926.Sepuluh tahun kemudian terdapat seratus set TV di seluruh dunia.Ini sekitar satu milyar TV di seluruh dunia,dengan Cina memiliki TV terbanyak,sekitar 200 juta.Di Amerika,setahun ditayangkan sekitar 20 iklan TV.

5, MODEM
a. pengertian
Modem adalah singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.
b. penemu, sejarah, dan masuknya modem ke Indonesia
 Dennis C. Hayes menemukan modem untuk komputer personal (PC) pada tahun 1977, yang hasilnya mampu mendirikan teknologi paling penting yang membuat dunia sekarang ini bisa menjadi selalu online, serta membangkitkan industri internet menjadi tumbuh berkembang. Seiring dengan perjalanan waktu maka perkembangan teknologi modem terus mengalami peningkatan dari yang menggunakan teknik modulasi paling sederhana hingga pada teknik modulasi yang canggih. Perjalanan sejarah modem diawali dengan munculnya modem berkecepatan 300 bps kemudian terus meningkat hingga 56,4 Kbps.

6. TELEPON
a. pengertian
 Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya.
b. penemu, sejarah, dan masuknya telepon ke Indonesia
 Alexander Graham Bell (1847-1922) adalah penemu dari Amerika dan pengajar bagi orang tuli, dan dia dikenal sebagai penemu telepon (telephone). Sejak usia 18 tahun, Bell telah meneliti gagasan bagaimana mengirimkan dan mentransfer perkataan. Tahun 1874 saat dia mengerjakan telegraph, dia mengembangkan gagasan dasar yang baru bagi telephone. Percobaan yang dilakukannya bersama asistennya Thomas Watson akhirnya terbukti berhasil pada tanggal 10 Maret 1876, saat itu kata yang ditransmit adalah: "Watson, come here; I want you." (Watson, datanglah kemari, saya membutuhkanmu). Serangkaian demonstrasi penggunaan telephone, telah memperkenalkan telephone ke seluruh dunia dan dipimpin oleh perusahaannya, Bell Telephone Company pada tahun 1877.



Related Post:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hanya buat sharing aja....